8 Tips memanjangkan "Usia" Flash Disk

Hai semua. Sekarang ini saya akan menjelaskan sedikit tips bagi anda semua. Di jaman teknologi sekarang, yang dipenuhi era komputerisasi yang super canggih, membuat kita menjadi semakin butuhkan akses data yang cepat. Dahulu, media penyimpanan berupa disket yang hanya berkapasitas 1,44 MB. Sekarang sudah capai kepada flash disk. Flash disk memiliki kemampuan penyimpanan yang sangat besar. Dahulu 64 MB yang paling kecil kapasitasnya. (kira-kira 50x kapasitas disket).
Semakin besar kapasitasnya, semakin mahal pula harganya. Nah, dengan mahalnya harga flash disk, para pengguna flash disk, maka datanglah tuntutan untuk menjaga dan merawat flash disk tersebut, agar memaksimalkan kinerja dari flash disk tersebut. Berikut ini adalah tips-tips untuk merawat flash disk :
1. Jauhkan dari barang yang mengandung medan magnet kuat.
Segala barang elektronik, jika di dekatkan dengan barang yang memiliki medan magnet kuat, akan segera rusak. Oleh karena itu, jangan menaruh flash disk dekat barang yang mengandung medan magnet kuat, karena flash disk itu juga merupakan barang elektronik. hehe.
2. Jangan sampai terkena air.
Walaupun beberapa merek flash disk mengatakan bahwa produknya waterproof (tahan air), namun alangkah baiknya agar kita menjauhkan dan melindungi flash disk kita dari yang namanya air.
3. Selalu Scan Flash Disk.
Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flash disk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Oleh karena itu, kita "wajib" untuk selalu men-scan flash disk kita, agar selalu terhindar dari virus.
4. Jauhkan dari tempat panas.
Segala barang elektronik pun sangat sensitif dengan yang namanya panas. Oleh karena itu, jauhkan pula flash disk dari panas yang berlebihan.
5. Hindari benturan keras.
Jangan pernah membanting flash disk anda. Analogikan jika anda jatuh dari tempat yang agak tinggi, dan berbenturan keras dengan tanah, maka anda akan masuk rumah sakit. Maka, jaga flash disk anda baik-baik.
6. Selalu menggunakan proses Eject/Stop.
Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang anda simpan di dalamnya.
7. Tutuplah selalu.
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutup agar tidak kotor.
8. Minimalisir proses hapus-tulis
Flash disk juga memiliki umur. Artinya suatu saat flash disk bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merek dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk.

Sekian tips dari saya, silahkan jika ada yang ingin menambahkan tips-tips yang berguna. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar