10 Masalah Psikologi

Hai semua. Hari ini saya ingin mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH 1431 H. Semoga di tahun yang baru ini, kita dapat menjadi lebih baik dari tahun-tahun kemarin. Ngomong-ngomong soal "menjadi lebih baik", disini saya memiliki tips, terutama yang memiliki masalah dalam kaitan "Psikologi". (Bukan Gila ya, hehe). Bagi teman-teman yang memiliki masalah dengan sikap, kelakuan, dan perasaan. Mungkin sedikit tips ini dapat membantu.
Tahukah anda, bahwa masalah psikologi di bawah ini 99,99% dimiliki oleh tiap manusia. (Minimal 1 sikap). Yap, namanya masalah psikologi, kebiasaan, memang susah untuk dirubah. Tapi, setidaknya bisa diminimalisir, jangan jadi malah berlebihan. Bisa bahaya. hehe.
OK, kita mulai dari sekarang.

1. MENGHINDAR
Ciri-cirinya adalah : Lari dari tiap masalah, Mengabaikan tanggung jawab. (Lempar batu sembunyi tangan)
Dilawan dengan : REALITAS
Caranya : Yap, anda lebih baik menghentikan sikap anda yang menipu diri anda sendiri. Jangan terlalu serius menghadapi masalah yang terjadi. Anda cukup melakukan yang terbaik dan hadapi masalah tersebut dengan tuntas dan yakinilah bahwa segalanya pasti berjalan baik, jika dilandasi dengan kerja keras dan doa. Ingat, rumah sakit jiwa sudah penuh bagi orang-orang yang stres. Anda tidak mau kan menjadi salah satu dari mereka?

2. KETAKUTAN
Ciri-cirinya adalah : Tidak percaya diri, tegang, cemas, yang disebabkan karena ketidakinginan terjadi sesuatu yang buruk kembali.
Dilawan dengan : KEBERANIAN
Caranya : Ingat, semua kecemasan itu tidak akan pernah terjadi 99%. Keberanian adalah cara untuk mempertahankan diri yang paling baik bagi anda. Gunakan analisis intelektual dan mental yang baik untuk menyelesaikan masalah anda. Anda tidak boleh terus-menerus bergantung pada kecemasan dan ketakutan.

3. EGOISTIS
Ciri-cirinya adalah : Materialistis, Lebih suka meminta daripada memberi, Agresif
Dilawan dengan : BERSIKAP SOSIAL
Caranya : Jangan pernah mengeksploitasi teman anda. Kebahagiaan akan terasa sesudah kita membantu orang lain, bukan terus menerus meminta. Perlu diketahui, kekecewaan hanya akan terjadi jika kita terus menerus bergantung pada orang lain.

4. STAGNASI (STAGNATIF, STATIS)
Ciri-cirinya : Cepat bosan, selalu berhenti pada satu fase, Setengah hati
Dilawan dengan : AMBISI
Caranya : Ambisi memberikan jalan untuk mencapai kebahagiaan. Jika kita telah mencapainya, kita kan dapat merasakan indahnya hasil kerja keras kita. Tetap tatap masa depan. Lakukan dengan sepenuh hati di tiap pekerjaan.

5. RENDAH DIRI
Ciri-cirinya : Tidak percaya diri, merasa selalu kalah dalam bersaing
Dilawan dengan : KEYAKINAN DIRI
Caranya : Kita harus yakin pada diri kita sendiri. Hanya dengan yakin pada diri sendiri, kita sudah memiliki setengah dari kemenangan kita dalam bersaing. Jika anda selalu merasa kalah, maka anda akan kalah.

6. NARSISTIK
Ciri-cirinya : Sombong, Kebanggaan diri palsu, Sok tahu
Dilawan dengan : RENDAH DIRI
Caranya : Selalu tanamkan dalam pikiran, bahwa kesombongan hanya akan memakan tiap kebaikan kita. Orang sombong tidak akan memiliki teman. Tanpa teman, kita takkan bahagia. Hindari sikap sok tahu. Dengan rendah diri, kita akan semakin disegani dan dihargai oleh teman kita. Ingat kata pepatah padi, makin berisi makin merunduk.

7. MENGASIHANI DIRI
Ciri-cirinya : Menarik diri dari perhatian, Murung, Merasa paling menderita
Dilawan dengan : SUBLIMASI
Caranya : Anda harus menghindari diri dari sikap neurotik, sikap yang merasa diri paling merana dan menderita di dunia ini. Bagilah masalah anda, namun jangan sampai menjadi ketergantungan kepada orang lain. Anda harus berdiri sendiri, dengan dukungan dari orang lain, Bukan berdiri karena diberdirikan orang lain.

8. MALAS
Ciri-cirinya : Apatis, membuang-buang waktu, menunda pekerjaan
Dilawan dengan : BEKERJA
Caranya : Waktu adalah emas. Siapa yang membuang-buang waktu, maka ia merupakan orang yang merugi. Buatlah diri untuk mengerjakan tiap jadwal dengan tepat waktu. Hindari mengeluh, mengeluh dan mengeluh. Lakukan pekerjaan tersebut sekarang, bila mampu. Jangan menunda-nunda pekerjaan.

9. TIDAK TOLERAN
Ciri-cirinya : Picik, Licik, Angkuh, Merasa diri paling benar
Dilawan dengan : KONTROL DIRI
Caranya : Tenangkan emosi dengan seni mengontrol emosi. Anda harus berpikir bahwa perbedaan adalah kekuatan. Amati mereka secara intelektual. Cerdaslah dalam mengambil sikap dan jadilah orang yang pandai mengontrol emosi

10. KEBENCIAN
Ciri-cirinya : Dengki, Iri, Dendam, Kejam
Dilawan dengan : CINTA KASIH
Caranya : Semua di dunia ini diciptakan dengan cinta kasih, bukan dengan dendam dan dengki. Hapuskan semua kebencian. Maafkan segala kesalahan orang lain, jangan mengingat kesalahan-kesalahan mereka. Memang sulit, tapi itu harus dilakukan agar kita mendapatkan kekuatan hakiki di tiap manusia, yakni CINTA.

Nah, anda termasuk yang mana? Kalau saya masih memiliki sikap no. 8 terutama, MALAS, susah sekali untuk melenyapkannya dari pikiran. Tapi, harus berusaha. hehe.


0 komentar:

Posting Komentar